4 Langkah Mudah Mengatasi Cegukan pada Bayi

Cegukan adalah kondisi dimana seseorang mengeluarkan bunyi “hik” tanpa sengaja dan cegukan biasanya terjadi selama beberapa detik atau menit, namun ada yang paling lama yaitu selama 48 jam. Hal tersebut dapat terjadi pada siapapun baik anak-anak maupun orang dewasa, bahkan bayi pun bisa mengalami cegukan.

Hal yang paling sulit adalah ketika bayi yang mengalami cegukan. Bayi akan merasa terganggu dengan keadaan yang diterimanya dan akan menangis selama cegukan itu terjadi. Oleh karena itu, sebagai orang tua kalian mesti pandai mengatasi cegukan yang terjadi pada bayi kalian.

Namun, sebelum masuk ke cara mengatasi cegukan pada bayi, sebaiknya kenali dahulu beberapa hal yang menyebabkan bayi mengalami cegukan. Berikut beberapa penyebab cegukan terjadi pada bayi yang perlu kalian perhatikan sebagai seorang ibu.

1. Alergi terhadap makanan atau minuman tertentu,

2. Terlalu banyak menelan udara atau terlalu sering meminum dot yang tak berisi,

3. Kebanyakan tertawa,

4. Terlalu banyak meminum susu, dan

5. Refluks Gastroesofagus.

Itulah lima hal yang perlu kalian perhatikan agar bayi tidak terlalu sering cegukan. Namun, untuk kalian yang bayinya sedang cegukan dan ingin mengatasinya, maka kalian bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Membuat Bayi Bersendawa

Cegukan biasanya terjadi akibat udara yang berlebih terperangkap di dalam perut saat sedang makan. Udara dalam perut akan mendorong diafragma yang menyebabkan bayi mengalami kejang dan cegukan. Oleh karena itu, untuk menghilangkan cegukan pada bayi cobalah untuk membuat bayi bersendawa dengan langkah-langkah berikut.

1. Jika hal ini terjadi saat bayi sedang menyusui ada baiknya hentikan menyusui bayi.

2. Lalu, angkat bayi di salah satu pundak.

3. Kemudian, tunggu bayi sampai bersendawa untuk menghentikan cegukan.

2. Gunakan Empeng atau Dot

Jika bayi mengalami cegukan, kamu bisa mencoba menggunakan empeng untuk dihisap bayi. Karena dengan menghisap empeng dapat membantu mengendurkan diafragma untuk menghentikan cegukan. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut.

1. Berikan empeng bersih pada bayi.

2. Atau berikan dot yang sudah bersih dan tak berisi.

3. Dan ajak bayi bermain agar empeng atau dot tidak terlepas.

4. Tunggulah sampai cegukannya hilang.

3. Gosok Punggung Bayi

Menggosok atau menepuk punggung bayi secara lembut dan menggoyangkan tubuh bayi maju mundur ternyata dapat membantu menghilangkan cegukan. Kalian bisa melakukan langkah-langkah berikut dalam melakukannya.

1. Gendong bayi di dada dalam keadaan lurus.

2. Kemudian, gosok-gosokkan punggung bayi dengan lembut.

3. Sambil menggosok tubuh baik, bergeraklah maju dan mundur.

4. Lakukan hal ini sampai bayi berhenti cegukan.

4. Berikan Minuman Hangat

Saat bayi cegukan bisa dihentikan dengan memberikan bayi minuman hangat seperti susu dan air. Dengan memberikan bayi minum dipercaya dapat menghentikan cegukan dalam 5-10 menit. Langkah-langkah yang bisa kalian ikuti adalah sebagai berikut.

1. Berikan 1/4 gelas air panas.

2. Lalu, tambahkan air biasa.

3. Periksa apakah air dalam keadaan hangat atau panas.

4. Jika sudah hangat berikanlah pada bayi untuk diminum.

5. Akan tetapi untuk bayi yang dibawah umur tiga bulan cukup dengan mengistirahatkannya saja.

Itulah empat cara mudah yang bisa kalian lakukan untuk dede bayinya. Bayi kita adalah jantung hati kita. Semoga bermanfaat..

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *