7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

Rasa ngantuk adalah rasa ingin tidur yang terjadi pada seseorang di malam hari maupun di pagi hari. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi pada siapapun. Akan tetapi, rasa ngantuk juga bisa menjadi gangguan serius jika terjadi di waktu yang tidak kita inginkan seperti saat bekerja, belajar, maupun sedang melakukan aktivitas penting lainnya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kita merasa ngantuk di waktu yang tidak tepat. Beberapa diantaranya adalah.

1. Kurang tidur,

2. Efek samping obat-obatan,

3. Mengonsumsi alkohol berlebihan,

4. Waktu tidur yang tidak teratur, dan

5. Kurang mengonsumsi air putih.

Itulah lima hal yang perlu kalian hindari jika tidak ingin mengantuk di saat bekerja atau belajar. Namun, untuk kalian yang ingin menghilangkan rasa kantuk yang telah terjadi saat ini, kalian bisa melakukan salah satu cara berikut ini.

1. Minumlah Minuman yang Mengandung Kafein

Kafein adalah stimulan, yang dapat merangsang otak dan tubuh bekerja sehingga dapat melawan rasa ngantuk kamu. Cara yang bisa kalian lakukan menggunakan kafein yaitu.

1. Minumlah minuman yang mengandung kafein seperti kopi.

2. Minum disaat kalian merasa ngantuk.

3. Minum satu gelas dan janganlah berlebihan.

2. Melakukan Power Nap

Power Nap adalah salah satu cara untuk mengatasi rasa kantuk kalian di siang hari. Kalian dapat melakukan hal ini dengan memejamkan mata beberapa menit sehingga membantu mengatasi rasa ngantuk kalian. Ikutilah aturan power nap berikut ini.

1. Pada waktu istirahat makan siangmu lakukanlah tidur siang.

2. Tidur selama 20-30 menit sesuai dengan jadwalmu.

3. Jangan lupa untuk memasang alarm agar membangunkanmu tepat waktu.

3. Gunakan Cahaya yang Cukup

Untuk mencegah rasa ngantuk selanjutnya adalah menggunakan cahaya yang cukup karena cahaya membantu meningkatkan energi kalian dalam bekerja sehingga dapat mengurangi rasa ngantuk.

Jika kalian berada di ruang yang tertutup cobalah membuka jendela agar cahaya alami bisa masuk. Namun, jika ruangan tidak memiliki jendela maka bisa dengan menggunakan light box yang memancarkan cahaya UV tingkat rendah. Light box akan membantu menambah stamina kalian dalam bekerja.

4. Perbanyak Minum

Kekurangan asupan atau dehidrasi dapat menurunkan tingkat kewaspadaan kalian bahkan mengurangi daya ingat. Dengan meminum air yang cukup membantu kalian mengatasi ngantuk dan energi yang rendah.

Oleh karena itu, aturlah jadwal minum agar rasa ngantuk tidak mudah datang.

5. Perbanyak Gerak

Jika saat kalian bekerja dan tiba-tiba merasa ngantuk maka cobalah untuk bangkit dan berjalan-jalan sebentar, hal ini akan membantu aliran darah kalian berjalan lancar dan juga saraf kalian aktif kembali. Oleh sebab itu, aktiflah bergerak beberapa menit agar otak tidak menjadi lemah.

6. Makan Siang yang Ringan

Jika merasa ngantuk, janganlah makan siang dengan makanan yang terlalu berat karena hal ini dapat memperparah rasa ngantuk.

Hindari minuman bersoda, cemilan manis, dan juga karbohidrat seperti roti. Serta hal yang dapat kalian konsumsi adalah makanan yang berprotein, berkarbohidrat kompleks, dan memiliki lemak sehat, seperti yogurt, ikan nila, telur, sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang.

7. Dengarkan Musik

Bagi kalian yang merasa ngantuk juga bisa mengusirnya dengan mendengarkan musik yang cepat atau musik yang membangkitkan semangat. Dan ingat untuk tidak mendengarkan musik yang slow yang bisa membuatmu lebih ingin tidur.

Itulah tujuh cara yang dapat kalian lakukan untuk mengusir rasa ngantuk saat sibuk kerja. Bekerjalah dengan giat agar memperoleh hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat….

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *