Akhir-akhir ini mendapatkan pekerjaan sangatlah sulit dan saat kalian sudah mendapatkannya tentunya kalian harus melewati beberapa sesi penerimaan kerja terlebih dahulu, seperti memberikan berkas yang berupa CV, ktp, dan juga ijazah.
Dan yang paling utama kalian harus mengajukan surat lamaran kerja pada perusahaan tersebut terlebih dahulu agar pihak perusahaan dapat memprosesnya dan menentukan apakah kalian akan diterima atau tidak. Serta surat lamaran kerja juga akan menunjukkan alasan kalian bergabung dengan perusahaan tersebut.
Membuat surat lamaran kerja sangatlah mudah, akan tetapi untuk diterima kerja kalian harus menyiapkan surat lamaran kerja dengan baik dan benar. Dan dari surat lamaran kerja juga dapat menunjukkan bagaimana kriteria diri kalian
Tetapi, masih banyak pelamar kerja belum mengetahui cara membuat surat lamaran kerja dengan baik dan benar. Oleh karena itu, saya akan menuliskan cara-cara membuat surat lamaran kerja. Berikut adalah cara membuat surat lamaran kerja yang efektif yang bisa kalian ikuti.
1. Dibagian kanan atas surat harus menuliskan tempat dan tanggal surat tersebut dibuat,

2. Kemudian lanjut dengan menuliskan alamat perusahaan yang dituju lalu di bawahnya tulis salam,

3. Dibagian isi surat, pertama tuliskan sumber informasi mengenai lowongan kerja tersebut,

4. Lalu lanjut dengan menuliskan tujuan atau posisi apa yang akan kalian lamar,

5. Pada bagian isi surat selanjutnya isi dengan biodata diri yang berisi nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan, alamat, dan juga nomor HP.

6. Bagian selanjutnya isi dengan mempromosikan diri dengan menjelaskan pengalaman dan kemampuan kalian.

7. Sebelum menutup surat, lampirkan informasi data diri kalian serta sampaikan keinginan besar kalian untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

8. Sebagai penutup, ucapkan terima kasih lalu tuliskan Hormat Saya dan nama kalian di kanan bawah.

Itulah tadi langkah-langkah membuat surat lamaran kerja yang bisa kalian ikuti. Semoga artikel ini bermanfaat…