Cara Membuat Disinfektan Di Rumah Dengan Mudah

Saat wabah covid-19 masuk ke negara kita, pemerintah menganjurkan beberapa hal dilakukan untuk menghindari virus tersebut. Dengan menghindari atau mencegah virus ini perlu menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer, selain itu gunakan juga disinfektan.

Dengan meningkatnya kebutuhan maka harga pun ikut meningkat. Jadi, bagi kalian yang kesulitan untuk membeli disinfektan, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah. Membuat disinfektan biasanya dari alkohol, hydrogen peroksida atau bahan lainnya.

Berikut adalah cara membuat disinfektan dengan bahan-bahan yang mudah di temui di rumah. Cara ini bisa membantu kalian memiliki disinfektan tanpa mengeluarkan uang banyak.

1. Buatlah Menggunakam Pemutih

Pemutih pakaian ternyata dapat dimanfaatkan untuk membuat disinfektan. Campuran air dengan cairan pemutih dapat dilakukan dengan menjaga konsentrasinya. Upayakan agar cairan pemutih tidak terlalu banyak dari air. Perbandingan keduanya adalah 1:100, perhatikan takaran baik-baik dengan perbandingan di atas.

2. Menggunakan Pembersih Lantai

Pembersih lantai ternyata dapat digunakan sebagai disinfektan. Campurkan 1 tutup botol pembersih dengan 5 liter air. Gunakan campuran tersebut untuk lantai dan perabotan rumah lainnya.

Semprotkan campuran ini ke seluruh ruangan sebagai pengharum. Selain itu, semprotan ini juga bermanfaat mencegah virus berbahaya masuk ke dalam rumah kita.

3. Menggunakan Karbol Atau Pine Oil

Kalian juga dapat membuat disinfektan dari karbol atau pine oil. Caranya yaitu dengan mencampurkan 10 tutup botol karbol atau pone oil dengan 1 liter air. Setelah tercampur dengan rata, tuangkan larutan tersebut ke spray dan gunakan sebagai disinfektan.

4. Menggunakan Alkohol

Alkohol juga dapat dijadikan disinfektan yang bisa dibuat sendiri di rumah. Caranya yaitu dengan memasukkan ke dalam botol atau ember alkohol dengan kadar 70%. Ingat untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa sebelum menggunakannya.

Ingat dalam menggunakan disinfektan dianjurkan untuk memakai masker dan sarung tangan.

5. Menggunakan Garam

Ternyata garam dapat dimanfaatkan untuk membuat disinfektan. Caranya dengan menggunakan sinar UV. Garam+air dan sinar UV dapat menghasilkan NaClo.

Campuran keduanya dapat dimanfaatkan sebagai disinfektan yang aman dan teruji mampu mengatasi virus dan bakteri.

Itulah 5 cara membuat disinfektan yang bisa kalian ikuti…

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *