Cara Cek Perkembangan Janin Dari Gerakan Tendangannya

Janin adalah calon bayi yang akan lahir. Setelah mengalami proses pembuahan, maka janin akan mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Buah hati yang tumbuh di dalam rahim seorang ibu tentunya sangat diperhatikan proses perkembangannya agar tidak terjadi masalah apa pun.

Biasanya untuk mengecek perkembangan bayi di dalam perut ibu hamil perlu bertemu dokter khusus. Dokter kandungan akan memberikan informasi tentang perkembangan dan usia janin, bahkan ibu hamil juga bisa melihat calon bayinya di dalam perut menggunakan USG.

Tetapi, bagaimana kalau ibu hamil tidak memiliki uang untuk konsultasi atau mungkin ibu hamil tidak memiliki waktu untuk pergi ke dokter. Kalian tidak perlu khawtir, ternyata ada banyak cara untuk mengetahui perkembangan janin di dalam perut melalui gerakan janin atau tendangan janin. Bagi kalian yang belum tahu caranya, yuk simak cara mengetahui perkembangan atau umur janin melalui gerakannya.

1. Minggu Ke-12

Pada minggu ke-12, janin mulai berbentuk layaknya manusia. Wajah janin pun juga mulai terbentuk. Di minggu yang ke-12 ini janin memiliki panjang kurang lebih 5 cm dengan berat 15 gram. Di saat ini, bayi sudah mulai aktif bergerak tetapi ibu hamil tidak bisa merasakannya karena bayi masih terlalu kecil. Menurut hasil USG, di usia ini bayi akan menggerakkan jari-jari tangan dan juga kakinya, serta membuka tutup telapak tangannya yang mungil.

2. Minggu Ke-16

Pada minggu ke-16, Janin mulai tumbuh hingga mencapai panjang 12 cm dan berat 2,5 ons. Dan pada umur ini, ibu hamil akan merasakan gerakan si bayi dengan jelas. Akan terasa di perut seperti ada sesuatu yang menari dengan lembut. Dengan posisi kepala yang mulai tegak, bayi mulai memainkan tangannya untuk memegang anggota tubuhnya yang lainnya.

3. Minggu Ke-20

Pada usia kedua puluh minggu, janin sudah mulai tumbuh dengan panjang sekitar 25 cm dan berat kurang lebih 315 gram. Di saat ini, ibu hamil merasakan gerakan bayi dengan sangat jelas karena adanya penambahan tenaga pada gerakan si bayi. Dan juga ibu hamil akan mulai merasakan tendangan-tendangan yang samar dari bayi.

4. Minggu Ke-24

Pada usia 24 minggu, bayi mulai tumbuh dengan panjang 35 cm dan berat sekitar 877 gram. Pada usia ini biasanya bayi akan mulai cegukan dan ibu hamil bisa merasakan dari gerakan bayi tersebut dan ibu hamil akan sering merasakan tendangan bayi setiap harinya.

5. Minggu Ke-28

Pada umur ini, janin sudah mulai tumbuh hingga mencapai panjang 38 cm dengan berat kurang lebih 1 kg. Dan perut ibu hamil akan mulai membesar. Di usia janin yang ke-28 ini akan membuat ibu hamil susah bernafas dikarenakan gerakan dan tendangan bayi semakin aktif dan juga bertambahnya tenaga si bayi. Karena gerakan yang tidak biasa dirasakan oleh ibu hamil, dapat mempengaruhi gerakan ibu hamil melambat karena merasakan sakit dan sesak nafas.

6. Minggu Ke-36

Saat usia bayi sudah mendekati masa kelahiran, ukuran bayi mulai meningkat dengan panjang 47 cm dan juga berat kurang lebih 2,7 kg. Pada masa ini, bayi mulai kurang bergerak karena rahim sudah memadat akibat ukuran dari bayi yang sudah memenuhi ruangan rahim. Kepala bayi juga akan turun ke bawah sehingga terasa tekanan di bawah perut yang akan dirasakan ibu hamil.

Itulah tadi cara ibu hamil bisa mengetahui usia janin dengan merasakan tendangan atau gerakan dari bayi. Semoga, kandungan ibu-ibu semua diberikan kesehatan hingga proses kelahiran.. Aaamiiinn…

Advertisement

1 thought on “Cara Cek Perkembangan Janin Dari Gerakan Tendangannya”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *