7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh agar Tidak Mudah Terserang Penyakit

Daya tahan tubuh adalah kekuatan tubuh menangkal segala virus dan kuman yang hendak masuk ke dalam tubuh. Jika daya tahan tubuh kita baik maka kuman tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh, sehingga kita akan terhindar dari segala penyakit dan memiliki tubuh yang sehat dan kuat. Namun, jika daya tahan tubuh kita buruk maka kita akan mudah terserang penyakit.

Oleh sebab itu, bagi kalian yang merasa lemah dan tidak memiliki semangat beraktivitas maka sudah dipastikan bahwa daya tahan tubuh kalian sedang menurun. Apa saja sih yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun? Kalian sangat perlu mengetahui penyebab daya tahan tubuh menurun agar kalian dapat menghindari hal tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab daya tahan tubuh menurun.

1. Kurang tidur atau sering begadang,

2. Stress yang berlebihan akibat banyak pikiran,

3. Tidak rutin olahraga atau jarang berolahraga,

4. Jarang tertawa, dan

5. Dehidrasi atau jarang minum.

Itulah lima hal yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Oleh karena itu, hindarilah hal-hal yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun agar tubuh selalu sehat dan terjaga dari segala jenis penyakit. Selain itu, jangan lupa juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama bagi kalian yang energinya cepat habis bisa melakukan beberapa cara berikut ini. Cara ini akan membantu kalian memiliki energi yang banyak dan terhindar dari penyakit.

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat mempengaruhi ketahanan tubuh itu sendiri. Oleh sebab itu, jika kalian ingin meningkatkan daya tahan tubuh maka perhatikanlah makanan yang kalian konsumsi setiap hari.

Untuk kalian yang ingin menjaga daya tahan tubuh tetap stabil maka konsumsilah makanan yang bergizi setiap hari. Makanan tersebut seperti jeruk, brokoli, bawang putih, bayam, yogurt, pepaya, sup ayam, dan masih banyak lagi akan menjaga tubuh dari virus dan kuman yang hendak masuk.

2. Beristirahat dengan Cukup

Walaupun tubuh memiliki banyak energi yang memungkinkan untuk terus bekerja, namun kalian juga memerlukan waktu untuk istirahat. Dengan istirahat yang cukup, maka tubuh akan merasa rileks dan ketahanan tubuh pun akan meningkatkan.

Namun, jika tubuh kalian dipaksa untuk kerja terus menerus tanpa istirahat maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, istirahatlah yang cukup agar kesehatan kalian tetap terjaga dengan baik.

3. Melakukan Olahraga secara Teratur

Olahraga adalah hal yang sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan kuman dan virus. Dengan olahraga maka sel dalam tubuh akan bekerja dengan baik, sehingga daya tahan tubuh dan otot dalam tubuh pun akan semakin kuat.

Oleh sebab itu, jika kalian ingin memiliki tubuh yang sehat maka rajinlah berolahraga. Ingat hasilnya didapatkan saat kalian rutin melakukan olahraga.

4. Menjaga Kebersihan Makanan dan Minuman

Hal yang selanjutnya yang perlu kalian perhatikan adalah kebersihan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang kurang bersih besar kemungkinan mengandung kuman atau bakteri yang akan ikut masuk ke dalam tubuh kita.

Walaupun di dalam tubuh makanan akan dicerna dan dibersihkan kembali, namun masuknya minuman dan makanan kotor dalam jumlah banyak ke dalam tubuh akan merusak sistem kekebalan tubuh dan menurunkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, jagalah perhatikan makanan dan minuman kalian sebelum dimakan.

5. Konsumsi Makanan yang banyak Mengandung Air

Cara selanjutnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh yaitu dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air. Hal ini berpengaruh karena tubuh membutuhkan banyak air di setiap harinya untuk menjaga keseimbangan daya tahan tubuh.

Oleh sebab itu, bagi kalian yang ingin meningkatkan daya tahan tubuh jagalah asupan air dalam tubuh dengan memperbanyak minum air dan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air seperti bayam, mentimun, tomat, stroberi, dll.

6. Berjemur

Hal selanjutnya yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan berjemur. Berjemur dilakukan agar tubuh mendapatkan vitamin D3 yang membantu menjaga kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan sel darah putih dalam melawan virus penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Berjemur yang sehat dilakukan sebelum jam 10 siang dalam waktu 10-15 menit. Dan perlu diingat bahwa cahaya matahari yang diterima tubuh janganlah terlalu panas karena dapat menyebabkan kulit kering dan terkelupas. Jadi, lakukan dalam durasi yang cukup dan pada tempat yang mendukung.

7. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Kebersihan diri dan lingkungan juga berpengaruh pada tingkat kekebalan tubuh dan daya tahan tubuh kita. Hal ini disebabkan karena virus dan kuman akan semakin mudah masuk ke dalam tubuh jika diri dan lingkungan tidak terawat dengan baik. Banyaknya kuman dan virus yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Oleh sebab itu, bersihkan diri dengan mandi minimal dua kali dalam sehari dan menjaga kebersihan kamar dan lingkungan sekitar. Dengan begitu, tubuh pun akan terawat dan terjaga dari berbagai macam virus penyakit.

Itulah tujuh cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Jagalah kebersihan diri karena itulah sumber kesehatan. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *