7 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Lama Hilang

Bekas luka adalah tampilan akhir dari sebuah luka yang dalam masa penyembuhan. Bahkan terkadang ada luka yang bekasnya sangat lama untuk hilang sehingga membuat kulit terlihat kurang menarik. Terutama untuk orang berkulit terang akan merasa risih dan terganggu dengan adanya bekas luka pada bagian kulit yang terlihat.

Oleh sebab itu, bagi kalian yang merasa terganggu karena adanya bekas luka, maka kalian bisa melakukan salah satu cara alami di bawah ini untuk menghilangkannya. Namun, sebelum masuk ke beberapa cara tersebut, sebaiknya ketahuilah dahulu luka apa saja sih yang bekasnya akan lama untuk hilang. Berikut adalah jenis luka yang bekasnya akan lama hilang.

1. Luka akibat tusukan benda tajam atau jarum,

2. Luka bakar atau luka yang diakibatkan oleh suhu panas yang membakar kulit,

3. Luka insisi atau luka akibat irisan benda tajam seperti pisau bedah saat operasi,

4. Luka gores atau luka yang diakibatkan oleh goresan benda tajam seperti kaca atau kawat, dan

5. Luka gigitan hewan buas atau hewan peliharaan.

Itulah lima jenis luka yang dapat meninggalkan bekas luka. Saat kalian mengalami luka akibat kelima hal di atas, maka sebaiknya setelah sembuh segera lakukan salah satu hal berikut ini ke bekas luka kalian.

1. Oleskan Madu

Yang pertama adalah menggunakan madu. Madu dapat meregenerasi sel-sel yang ada pada kulit. Sehingga madu ampuh menghilangkan bekas luka. Cara menggunakannya yaitu sebagai berikut.

1. Oleskan madu pada kulit yang memiliki bekas luka.

2. Kemudian, diamkan selama 30 menit.

3. Setelah kering, bilaslah dengan air bersih.

2. Oleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat meningkatkan kolagen di kulit karena mengandung lauric dan capric acid sehingga minyak kelapa juga ampuh menghilangkan bekas luka. Cara penggunaannya yaitu sebagai berikut.

1. Oleskan minyak kelapa ke bekas luka.

2. Kemudian, tunggu selama 30 menit.

3. Bilas dengan air bersih sesudahnya.

4. Lalu, lakukan hal ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

3. Oleskan Campuran Cuka Apel Dengan Madu

Campuran cuka apel dan madu dapat menghilangkan bekas luka. Kedua bahan ini memiliki kandungan antioksidan dan antimikroba yang dapat menyembuhkan luka dan juga menghilangkan bekasnya. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut.

1. Campurkan kedua bahan tersebut dengan rata.

2. Kemudian, oleskan campuran itu ke bekas luka selama 10 menit.

3. Bilaslah dengan air setelahnya.

4. Oleskan Bawang Merah

Kamu dapat menggunakan ekstrak bawang merah untuk menghilangkan bekas luka karena bawang merah mengandung antibakterial dan antioksidan sehingga dapat menyembuhkan bekas luka dengan cepat. Cara penggunaannya yaitu sebagai berikut.

1. Haluskan bawang merah secukupnya.

2. Kemudian, oleskan bawang tersebut pada bekas luka.

3. Tunggu hingga 10 menit.

4. Lalu, bilas dengan air bersih.

5. Oleskan Gel Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat terhadap kulit. Selain itu, lidah buaya juga dapat menghilangkan bekas luka loh! Sifat anti radang dan antibakteri pada lidah buaya dapat dimanfaatkankan untuk menghilangkan bekas luka dengan cepat. Cara menggunakannya yaitu sebagai berikut.

1. Oleskan gel lidah buaya di bekas luka secara memutar.

2. Kemudian, diamkan selama 30 menit.

3. Bilas dengan air dingin setelahnya.

4. Lakukan hal ini 2 kali dalam sehari.

6. Oleskan Air Jeruk Nipis

Jeruk mengandung Alpa Hidroxy Acid (AHA) sehingga sangat dikenal dapat mencerahkan kulit terutama wajah. Selain itu, jeruk nipis juga dapat menghilangkan bekas luka karena jeruk nipis dapat meregenerasi kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Tetapi menggunakan jeruk nipis lebih sering tidak sangat bagus karena jeruk nipis sensitif terhadap sinar matahari. Untuk cara mengolahnya yaitu sebagai berikut.

1. Oleskan air jeruk nipis pada bekas luka.

2. Kemudian, diamkan selama 30 menit.

3. Bilas dengan air bersih setelahnya.

7. Oleskan Halusan Timun

Timun merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Dan timun juga sangat cocok bagi kulit yang sensitif, jadi bagi kalian yang berkulit sensitif gak usah khawatir.

Karena memiliki sifat menangkal radikal bebas, sehingga timun dapat menghilangkan bekas luka dengan cepat. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut.

1. Haluskan timun terlebih dahulu atau kalian dapat memotongnya.

2. Kemudian, oleskan halusan tadi atau timun ada bekas luka.

3. Tunggu selama 30 menit.

4. Lalu, bilaslah dengan air.

Itulah tadi 7 cara menghilangkan bekas luka secara alami. Sayangi kulit kalian agar kalian dapat tampil dengan percaya diri dan semangat menjalani hari yang menyenangkan. Semoga bermanfaat yah !!

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *