7 Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami Dan Mudah

Apabila kalian mengalami gejala susah tidur di malam hari mungkin terlihat biasa karena banyak orang mengalaminya. Tetapi, jika kalian selalu mengalami hal ini maka perlu diwaspadai bisa saja kalian mengidap insomnia.

Salah satu jenis gangguan tidur dinamakan insomnia. Insomnia ini sangatlah menganggu untuk penderitanya, karena adanya insomnia maka semua aktivitas mereka akan ikut terganggu juga.

Insomnia bisa mempengaruhi daya tahan tubuh dan juga konsentrasi bisa menurun.

Dibanding harus meminum obat untuk menghilangkan insomnia, sebaiknya lakukan hal alami berikut yang mudah untuk dilakukan.

1. Jam Tidur Teratur

Cara mengatasi insomnia selanjutnya yaitu dengan mengatur jam tidur. Jam tidur dan bangun yang teratur bukan saja mengatasi insomnia kalian tetapi juga membuat tidur menjadi sangat nyenyak.

Jam tidur teratur sangat berpengaruh karena respon tubuh akan teratur dengan sendirinya jika kita selalu tepat waktu untuk tidur dan bangun. Oleh karena itu, pilihlah waktu yang benar-benar tepat atau waktu yang sangat lelah sehingga butuh tidur dan lakukan setiap hari.

2. Gunakan Tempat Tidur Hanya Untuk Tidur

Cara selanjutnya yaitu dengan menjaga fungsi utama tempat tidur sebagai tempat untuk tidur. Jangan jadikan tempat tidur sebagai tempat melakukan aktivitas yang lain, karena hal ini akan berpengaruh pada otak.

Oleh karena itu tempat tidur hanya digunakan sebagai tempat bangun dan tidur. Saat bangun tidur hanya butuh maksimal 20 menit di atasnya.

3. Rutin Melakukan Relaksasi

Melakukan relaksasi sebelum tidur juga dapat mengurangi insomnia. Relaksasi dapat berupa yoga, meditasi, mandi air panas, mendengarkan musik ataupun membaca buku. Hal ini bisa membantu kalian untuk tidur dengan nyenyak.

4. Ganti Suasana Kamar

Jika kalian mengalami gangguan susah tidur atau insomnia bisa saja ini disebabkan oleh suasana yang ada dalam kamar. Sebaiknya buatlah lampu lebih redup dan suhu kamar sedikit hangat saat akan tidur. Hal ini akan membantu kalian untuk tidut dengan cepat.

5. Pasanglah Wewangian Lavender

Banyak percobaan dan juga penelitian yang menunjukkan bahwa aroma wewangian lavender bisa mengatasi kualitas tidur seseorang. Bagi kalian yang susah untuk tidur, dianjurkan untuk memasangkan aroma terapi di kamar dan menyalakannya saat akan tidur hingga pagi hari.

6. Olahragalah Secara Rutin

Untuk mengatasi insomnia selanjutnya dengan melalukan aktivitas olahraga setiap harinya. Melakukan olahraga bukan hanya mengatasi insomnia namun mendapat banyak manfaat yang bisa dilakukan.

7. Konsumsilah Teh Kamomil

Cara selanjutnya mengatasi insomnia yaitu dengan dengan mengonsumsi teh jenis kamomil. Teh jenis ini mengandung ekstrak yang memberikan efek sedatif untuk memudahkan kalian tidur.

Selain itu, komamil juga tersedia dalam bentuk aromatherapy yang memberikan suasana di kamar kalian menjadi lebih baik untuk tidur.

Itulah tadi 7 cara alami yang bisa kalian ikuti untuk mangatasi insomni. Semoga bermanfaat yah…

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *