6 Cara Menurunkan Berat Badan tanpa Diet Ketat

Gemuk adalah kelebihan berat badan yang disebabkan oleh penimbunan lemak pada tubuh. Seperti kita ketahui bahwa banyak orang gemuk yang ingin menurunkan berat badan, namun mereka takut menjalankan diet ketat yang mungkin menurut mereka sangat menyiksa. Nah, oleh karena itu saya akan memberitahu kalian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan tanpa harus diet ketat.

Namun, sebelum itu sebaiknya ketahui dulu beberapa penyebab yang membuat berat badan meningkat. Berikut beberapa penyebabnya.

1. Sering melewatkan sarapan pagi,

2. Selalu merasakan stress,

3. Sangat jarang olahraga,

4. Memiliki penyakit diabetes,

5. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol,

6. Mengidap Sindrom Ovarium Polikistik,

7. Makan malam dengan makanan berkarbohidrat,

8. Terkena penyakit Hipotiroidisme, dan

9. Kurangnya waktu istirahat.

Itulah penyebab yang membuat berat badan kalian terus meningkat. Untuk cara menurunkannya, kalian bisa mengikuti cara berikut ini.

1. Jangan Makan di atas Jam 7 Malam

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk menurunkan berat badan tanpa diet ketat yaitu dengan menghindari makan malam di atas jam 7. Makan di jam tersebut dapat menaikkan berat badan karena proses pencernaan di malam hari sangatlah lambat yang menyebabkan makanan yang masuk tertimbun menjadi lemak dan tidak terolah menjadi energi.

Oleh sebab itu, jika kalian ingin menurunkan berat badan maka jangan makan malam. Apabila kalian merasakan kelaparan yang sangat di malam hari maka kalian bisa memilih untuk makan salad atau makanan lain yang tidak mengandung lemak.

2. Menggunakan Ilusi Mata

Selanjutnya yaitu menggunakan cara ilusi mata, ilusi mata adalah cara makan dengan mengganti piring menjadi mangkuk dan sendok diganti dengan garpu. Jadi, saat kalian menggunakan mangkuk saat makan maka porsi yang kalian ambil pun akan sedikit. Selain itu, jika kalian menggunakan garpu saat makan maka proses makan akan menjadi lambat dan makanan yang masuk ke dalam tubuh pun akan tercerna dengan baik yang menyebabkan kalian akan cepat kenyang.

Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin menurunkan berat tanpa diet ketat maka gunakanlah cara ilusi mata ini. Jadi, kalian bisa kenyang tanpa harus menjadi gemuk.

3. Jangan Mengonsumsi Gula, Garam, dan Lemak secara Berlebihan

Bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan maka kalian harus mengurangi asupan gula, garam, dan juga lemak pada setiap harinya. Jadi, kalian harus membatasi pemakaian gula, garam, dan lemak dalam makanan yang akan kalian makan. Dalam sehari maksimal gula yang bisa kalian gunakan adalah empat sendok makan, untuk garam sebanyak satu sendok makan, sedangkan lemak sebanyak lima sendok makan.

Terapkanlah cara ini jika kalian benar-benar ingin menurunkan berat badan tanpa melakukan diet yang sangat ketat dan ingat untuk menghitung jumlah asupan gula, garam, dan lemak kalian di setiap harinya.

4. Hentikan Nonton Tv secara Berlebihan

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa menghabiskan waktu di depan televisi dapat menaikkan berat badan dan mengundang terjadinya obesitas. Jadi, bagi kalian yang memiliki kebiasaan menonton film setiap harinya secara berlebihan dan terutama lagi di malam hari sebaiknya hentikan kegiatan tersebut. Selain itu, sebaiknya menontonlah di saat kalian ingin melihat siaran penting atau siaran tertentu saja.

Oleh sebab itu, bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan maka kurangi nonton layar kaca dan isilah waktu kosong kalian dengan melakukan yoga ataupun olahraga.

5. Minumlah Air Putih secara Teratur

Cara berikutnya yaitu dengan mengatur jadwal minum kalian karena air putih juga ternyata dapat menurunkan berat badan. Terutama meminum air putih sebelum makan, hal ini akan menyebabkan kalian cepat kenyang dan mengurangi porsi makan kalian.

Selain itu, menurut National Library of Medicine menyatakan bahwa meminum setengah liter air saat 30 menit sebelum makan akan menurunkan intake kalori dan juga mempercepat rasa kenyang. Oleh karena itu, kalian bisa menerapkan cara tersebut jika ingin menurunkan berat badan tanpa diet ketat.

6. Hindari Stress Berat dengan Tidur

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan menghindari rasa stress dengan tidur. Jadi, saat kalian merasakan stress berat sebaiknya segeralah tidur. Hal ini dianjurkan karena perasaan stress atau pusing dapat mengeluarkan hormon kortisol yang bisa menghadirkan rasa lapar dan juga meningkatkan berat badan.

Oleh karena itu, untuk kalian yang merasakan stress dan sangat ingin menurunkan berat badan sebaiknya terapkan cara tidur tersebut. Dengan melakukan hal ini maka kalian akan terhindar dari makan berlebihan akibat dari hormon tersebut.

Itulah enam cara menurunkan berat badan tanpa harus diet secara ketat yang bisa kalian terapkan. Selain itu, jika kalian tidak peduli pada berat badan yang kalian miliki, tetapi ingatlah bahwa ukuran badan mempengaruhi kesehatan kalian. Jadi, sayangi diri sendiri dengan menjaga berat badan kalian. Semoga artikelnya bermanfaat yah…..

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *