6 Cara Menggunakan Ac Yang Benar Supaya Hemat Listrik

Pada tempat dengan cuaca atau iklim tropis tentunya seseorang membutuhkan AC sebagai pendingin udara. Menggunakan AC membutuhkan tambahan daya listrik, tapi hal itu tidaklah seberapa dibanding fungsi AC yang hebat ini.

Masih banyak orang yang belum mengetahui cara menggunakan AC dengan benar untuk menghemat energi. Bahkan mereka sering menyalakan merek AC tersebut karena memakan listrik terlalu banyak, padahal cara penggunaan merekalah yang salah.

Bagi kalian yang belum tahu cara menghemat listrik sebaiknya belajarlah. Agar tidak boros, ikutilah cara menggunakan AC berikut.

1. Mengurangi Mematikan Dan Menghidupkan AC

Dalam pemakaian AC, menghidupkan dan mematikan AC berpengaruh terhadap daya listrik. Apabila kalian sering mematikan dan menghidupkan AC maka pemakaian listrik akan meningkat dan juga bisa merusak AC itu sendiri.

Bagi kalian yang merasa untuk mematikan AC saat ruangan sudah dingin dan nanti akan menyalakannya kembali maka itu adalah tindakan yang salah. Sebaiknya, naikkan suhu saat udara sudah dingin dibanding mematikannya.

2. Belilah AC Hemat Energi

Bagi kalian yang ingin membeli AC sebaiknya belilah AC hemat energi, karena AC ini dapat mengurangi penggunaan listrik 20-30%. Karena kompresor AC ini memiliki daya yang sangat kecil.

Jadi, kalian bisa menghemat listrik, tetapi harga AC hemat energi ini tentunya jauh lebih mahal dari AC standard. Dan ingat AC ini membutuhkan waktu yang sedikit lama mendinginkan ruangan.

3. Gunakan Suhu Minimal 24°C

Dalam menghemat listrik janganlah menggunakan suhu 16°C untuk mendinginkan ruangan karena hal inilah yang menyebabkan pemakaian listrik semakin meningkat. Baiknya, gunakan suhu 24°C sebagai suhu maksimum menggunakan AC agar lebih hemat dan membuat AC lebih awet.

4. Aktifkan Mode Dry

Untuk menghemat listrik dengan cara menggunakan mode dry. Setiap AC yang dibuat untuk wilayah iklim tropis menggunakan mode cool dan mode dry. Mode cool digunakan untuk mendinginkan suhu ruangan.

Jika kalian sudah merasa ruangan dingin, gantilah dengan mode dry. Mode ini membantu menjaga suhu ruangan tetap dingin tanpa harus menggunakan daya kompresor. Jadi, mode dry tidak memakan listrik lebih banyak.

5. Perhatikan PK AC

Untuk menghemat AC selanjutnya yaitu dengan memilihi PK AC sesuai ukuran ruangan. Jika kalian menyalakan AC pada suhu 22°C dan ruangan sangat lambat untuk dingin, maka ada masalah pada PK AC tersebut.

PK AC yang tidak sesuai, membuat ruangan lambat untuk dingin dan cepat panas. Berikut ukuran kamar untuk setiap PK.

  • 10 m² = ½ PK
  • 14 m² = ¾ PK
  • 18 m² = 1 PK
  • 24 m² = 1½PK
  • 36 m² = 2 PK

6. Rutinlah Membersihkan AC

Kotoran yang menumpuk dalam AC, bisa menjadi penyebab bengkaknya tagihan listrik. Hal ini dikarenakan, daya komprosor semakin meningkat karena di dalam banyak terdapat debu dan membuat AC harus bekerja lebih maksimal sehingga mudah panas.

Oleh karena itu, bersihkan AC secara rutin. Minimal 3 bulan sekali, kalian mesti membersihkannya atau memanggil tukang service AC.

Itulah tadi 6 cara menghemat listrik dalam penggunaan AC.

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *