6 Cara Meditasi yang Benar di Rumah untuk Mengatasi Stress dan Penyakit

Meditasi adalah salah satu bentuk latihan relaksasi yang memusatkan dan menjauhkan pikiran dari semua masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam melakukan hal ini diperlukan konsentrasi penuh agar pikiran tidak terbayang-bayang hal lain yang menganggu.

Selain mampu mengolah stress, ternyata ada banyak manfaat lain dari meditasi yang perlu kalian ketahui. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengendalikan emosi,

2. Mengatasi gangguan kecemasan dan depresi,

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh,

4. Meningkatkan kesadaran diri, dan

5. Melancarkan pencernaan.

Itulah beberapa manfaat meditasi. Selain itu, masih banyak lagi manfaat dari meditasi yang bisa kalian peroleh jika melakukannya dengan benar dan rutin. Lalu, bagaimanakah cara melakukan meditasi dengan benar di rumah? Berikut adalah beberapa cara melakukan meditasi yang benar di rumah yang bisa kalian ikuti.

1. Lakukan pada Tempat yang Nyaman

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tempat melakukan meditasi. Kalian perlu melakukan di tempat yang benar-benar tenang dan juga nyaman. Dalam hal ini, kalian bisa memilih kamar tidur sebagai tempat ternyaman untuk melakukan meditasi.

Selain itu, kalian bisa mematikan lampu dan juga mengatur suhu dan aroma ruangan sesuai dengan yang kalian inginkan. Dan ingat untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan menyediakan tempat duduk yang nyaman juga seperti bantal sebagai alas.

2. Memfokuskan Pikiran

Setelah menemukan tempat yang nyaman, ambillah posisi duduk yang nyaman pula dan tutuplah mata kalian. Fokuskan pikiran pada tujuan kalian melakukan meditasi tersebut.

Bayangkan seluruh hal positif masuk ke dalam tubuh dan hal negatif keluar dari tubuh kalian. Jauhkanlah pikiran dari hal-hal yang menganggu meditasi.

3. Konsentrasi pada Suara Napas

Jika kalian belum bisa mengendalikan pikiran secara penuh untuk terus fokus, maka cobalah berkonsentrasi pada tarikan napas dan juga hembusan napas yang kalian keluarkan.

Fokus pada suara pernapasan yang kalian lakukan, lupakan segala beban yang mengganggu dan hanya fokus pada suara napas yang kalian hirup dan keluarkan.

4. Kenali satu persatu Indera Tubuh

Tahap selanjutnya kalian bisa mengenali satu persatu indera tubuh kalian baik indera perasa, peraba, penglihatan, pendengaran, dan penciuman. Kenali semuanya dengan memusatkan pikiran ke salah satunya secara bergantian.

Pastikan mata tetap dalam keadaan tertutup dan hanya memusatkan pikiran pada hal tersebut bukan bergerak.

5. Akhiri dalam Waktu 5-15 Menit

Hal terakhir yang perlu diatur adalah waktu melakukan meditasi. Sebaiknya lakukan meditasi sekuran-kurangnya lima menit dan paling lama lima belas menit. Untuk para pemula bisa melakukan dalam waktu yang lebih singkat terlebih dahulu hingga terbiasa.

Kalian juga bisa menyetel waktu sebelum memulai, sehingga pikiran tidak terfokuskan pada waktu tersebut.

6. Akhiri dengan Memerhatikan setiap Indera Tubuh Bekerja

Setelah waktu habis, kalian bisa mengakhiri dengan sekali tarikan napas yang dalam. Setelah itu, bergeraklah dengan perlahan seperti biasa dan perhatikan setiap indera tubuh bekerja secara bersamaan.

Jangan lupa untuk bersyukur atas nikmat yang kalian peroleh dengan begitu tingkat stress kalian akan hilang.

Itulah tata cara meditasi yang bisa kalian ikuti untuk menghilangkan stress dan penyakit. Ingatlah bahwa segala sesuatu mengajarkan kita untuk bersyukur dan berusaha. Semoga bermanfaat yah.

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *