5 Cara Meredakan Sakit Kepala Selain Menggunakan Obat Medis

Sakit kepala merupakan penyakit yang sudah biasa dialami oleh banyak orang. Bahkan orang tidak menganggapnya sebagai penyakit yang serius, karena hal tersebut sering terjadi. Mereka hanya butuh istirahat dan sakit kepala hilang.

Tetapi, kita tidak tahu bahwa sakit kepala memiliki banyak gejala yang bisa membuat kita tidak dapat melakukan aktivitas. Diantaranya gangguan pada penglihatan, hilang kesadaran, leher menjadi kaku, demam tinggi, hingga membuat kita sulit berjalan. Jadi, jangan remehkan sakit kepala karena penyakit tersebut memiliki banyak gejala yang menunda segala aktivitas kalian.

Selain itu, kalian perlu tahu apa saja penyebab dari sakit kepala agar kalian bisa terbebas dari sakit kepala yang berkepanjangan. Di lansir dari Kontan.co.id , bahwa sakit kepala biasanya disebabkan oleh stres, kurang tidur, kelelahan, lapar, kafein, perubahan cuaca, hingga disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu. Oleh karena itu, bagi kalian yang tidak ingin mengalami sakit kepala hindarilah penyebabnya tersebut.

Tetapi, bagaimana jika sakit kepala sudah menyerang dan tidak berhenti apa yang perlu dilakukan untuk meredakannya? Yah, untuk meredakannya kalian bisa meminum obat sakit kepala yang sudah banyak dijual di apotek dan toko-toko sekitar kita.

Namun, bagaimana dengan seseorang yang tidak bisa minum obat atau tidak ingin mengonsumsi obat? Kalian tidak perlu khawatir! Ada beberapa cara meredakan sakit kepala tanpa harus mengonsumsi obat medis, berikut adalah cara yang bisa kalian ikuti untuk meredakan sakit kepala tersebut.

1. Mandi Dengan Air Hangat

Saat sakit kepala biasanya otot-otot di kepala menjadi tegang dan mengeras, oleh sebab itu kita perlu merilekskan atau mengendurkan kembali otot-otot yang tegang tersebut.

Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan air hangat. Kalian bisa mandi menggunakan air hangat dengan menyirami kepala kalian. Air hangat efektif untuk merilekskan otot dan juga otak kalian sehingga sakit kepala dapat mereda. Selain itu, kalian juga bisa mengompres kepala dengan air hangat atau dingin.

2. Meminum Teh Jahe

Cara selanjutnya yaitu dengan meminum teh jahe, wangi dari jahe dapat merilekskan otak serta saat air teh masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan kembali stamina tubuh.

Oleh sebab itu, kalian bisa membuat teh jahe dan meminumnya untuk meredakan sakit kepala. Dan jangan lupa untuk menghirup wangi jahe tersebut terlebih dahulu agar otak kalian lebih rileks dalam menikmati teh tersebut.

3. Melakukan Olahraga

Saat sakit kepala membuat semua anggota tubuh menjadi kaku dan susah bergerak. Jika kita membiarkannya maka sakit kepala akan semakin menjadi. Oleh sebab itu, kalian bisa kurangin sakit kepala dengan melakukan gerakan kecil atau olahraga kecil seperti yoga.

Dengan melakukan olahraga bukan hanya membuat otot menjadi lebih bebas, tetapi juga membantu memulihkan perasaan dan juga pernapasan sehingga mengurangi sakit kepala karena rileksasi yang diterima oleh otak dari saraf tubuh lainnya.

4. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Magnesium

Selanjutnya cara untuk meredakan sakit kepala yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Sebagai contoh makanan yang mengandung magnesium yaitu kacang-kacangan, sayur bayam, coklat hitam, kentang, serta susu kedelai dan juga pisang.

Kandungan kalsium yang terdapat dalam makanan membantu proses peredaran darah lebih lancar serta proses penyebaran oksigen ke otak pun berjalan dengan lancar. Dengan begitu, sakit kepala akan semakin berkurang.

5. Berhenti Merokok

Kandungan nikotin dan tar di dalam rokok bisa memperburuk sakit kepala. Bagi kalian pecandu rokok sebaiknya berhentilah merokok saat kalian mengalami sakit kepala.

Dengan berhenti merokok maka sakit kepala yang kalian alami lebih mudah untuk sembuh. Rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan bukan saja sakit kepala tetapi juga paru-paru bisa saja rusak akibat rokok.

Itulah tadi beberapa cara meredakan sakit kepala yang bisa kalian lakukan…. Perhatikanlah kesehatan kalian karena itu adalah hal terpenting dalam hidup…

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *