5 Cara Merawat Baterai Android Agar Tidak Cepat Rusak

Android merupakan handphone yang sudah memiliki banyak pengguna dikarenakan fitur canggih di dalamnya serta harga yang mudah dijangkau. Meski begitu, android menggunakan baterai tanam yang tidak dapat dilepas. Dan jika baterai hp tersebut rusak mesti membeli yang baru lagi atau ganti baterai pada layanan service hp yang mungkin harga servicenya jauh lebih mahal dari hp tersebut, jadi lebih baik beli baru yah.

Walaupun jenis baterai yang dipakai oleh android itu tahan lama, namun jika pengguna tidak mengetahui cara merawat baterai hp maka tidak butuh waktu yang lama baterai akan rusak juga. Sebelum saya memberitahukan kalian cara merawat baterai android, ada baiknya kenali dulu ciri-ciri baterai hp sudah mulai rusak.

Dilansir dari Riaume.com, ciri-ciri baterai android mulai rusak adalah baterai hp akan cepat penuh saat di cash dan akan cepat habis juga, hp akan mati saat baterai tinggal 30%, serta baterai yang awalnya terisi 100% tiba-tiba berkurang dengan sangat cepat.

Jika hp kalian sudah mengalami ciri di atas maka bisa dipastikan baterai hp tersebut mulai rusak, jadi segeralah kumpul duit dan beli yang baru. Bagi kalian yang androidnya masih normal, yuk ikuti cara merawat baterai android berikut agar tidak cepat rusak.

1. Gunakan Wallpaper Berwarna Gelap

Tahukah kalian jika wallpaper hp juga berpengaruh pada daya tahan baterai? Yah, menggunakan wallpaper yang sangat terang akan banyak menguras baterai, serta menggunakan live wallpaper juga akan membuat baterai handphone cepat habis.

Oleh karena itu, gunakanlah wallpaper berwarna gelap dan jangan gunakan live wallpaper, dengan begitu ketahan baterai akan normal dan tidak cepat habis.

2. Matikan Location Atau GPS

Cara selanjutnya yaitu mematikan Location atau GPS, hal ini dikarenakan fitur tersebut juga menguras baterai bahkan saat handphone sedang istirahat. Itu sebabnya saat kita tidak memainkan ponsel namun baterai tetap berkurang kemungkinan disebabkan oleh GPS yang masih berjalan.

3. Cas Di Tempat Tertutup

Saat kita mengecas hp, maka baterai hp akan menjadi panas karena proses pengisian baterai. Jika, kita melakukan pengecasan di tempat terbuka dan matahari atau suhu ruangan sangat panas maka akan berpengaruh pada tingkat kepanasan baterai. Jika seperti itu, maka baterai akan cepat rusak dan tidak sanggup menahan panas berlebih.

Oleh sebab itu, jika kalian ingin mengecas hp lakukan di ruangan tertutup yang tidak terkena cahaya matahari atau lakukanlah di malam hari. Dan ingat untuk melepas casing dan benda hias hp lainnya saat mengecas.

4. Aktifkan Low Power Mode

Untuk merawat dan menghemat daya baterai kalian juga bisa mengaktifkan low power mode pada menu setting>baterai>low power mode. Pengaturan baterai ini berfungsi untuk mengatur tingkat cahaya di handphone, karena cahaya berlebih juga dapat menguras daya baterai yang sangat banyak. Oleh sebab itu, low power mode sangat membantu untuk menjaga ketahanan baterai.

5. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang kita pasang akan menguras daya baterai walaupun kita tidak membukanya, karena ada beberapa aplikasi yang terus berjalan walau kita tidak membukanya. Oleh karena itu, semakin banyak aplikasi maka daya baterai tidak akan tahan lama.

Jadi, hapus lah aplikasi yang menurut kalian tidaklah penting dan jangan meng-install banyak aplikasi yang tidak terlalu penting. Hal ini untuk menjaga ketahanan baterai kalian. Dan juga kalian bisa mematikan penggunaan data pada beberapa aplikasi yang memang tidak perlu internet. Ini juga sangat membantu dalam perawatan handphone.

Itulah 5 cara yang bisa kalian lakukan, dan cara ini mungkin hal yang tidak pernah diketahui….oleh sebab itu sayangi hp kalian yang menolong di setiap perjuangan kalian…

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *