5 Cara Mengatasi Kram Perut saat Hamil agar Nyerinya bisa Berkurang

Kram perut saat hamil dapat terjadi karena adanya kontraksi atau terjadinya pengencangan pada ligamen rahim. Ligamen yang menyokong sisi rahim ini dapat mengencang akibat pertumbuhan janin dan juga akibat janin yang sudah mulai aktif bergerak atau berputar dari sisi kiri ke sisi kanan.

Walaupun kram perut saat hamil merupakan hal yang normal, namun kondisi ini tetap harus diwaspadai. Untuk mewaspadai hal tersebut sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebab dari kram perut pada saat hamil. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut.

1. Mengalami kehamilan Ektopik atau kehamilan di laur kandungan,

2. Akibat dari berhubungan seks saat hamil,

3. Rahim yang mengembang,

4. Tanda akan melahirkan atau bersalin,

5. Akan mengalami kelahiran prematur, dan

6. Akibat dehidrasi.

Bagi ibu hamil yang tidak tahan dengan nyeri akibat kram perut, maka kalian bisa mengatasi nyeri tersebut dengan beberapa cara sebagai berikut.

1. Olahraga secara Teratur

Bagi ibu hamil yang sering mengalami kram perut, maka kalian bisa meringankan nyeri atau kram tersebut dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga untuk ibu hamil ini merupakan anjuran dari CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit), ibu hamil dianjurkan untuk melakukan jalan cepat selama 150 menit per minggunya. Jadi, kalian bisa membagi waktu tersebut menjadi teratur setiap harinya.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Selanjutnya yaitu dengan memperbanyak minum air putih karena salah satu penyebab dari kram perut ketika hamil adalah dehidrasi. Dehidarsi atau kekurangan air ini dapat membuat tubuh ibu dan juga janin menjadi lemah dan memunculkan tanda-tanda kram perut atau nyeri di sekitar perut. Oleh sebab itu, perbanyaklah minum air putih agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Mengonsumsi Minuman Hangat

Bagi kalian yang mengalami kram perut ketika hamil, cobalah untuk mengonsumsi minuman hangat seperti teh ataupun susu hangat. Minuman hangat tersebut akan mengurangi rasa nyeri yang ibu hamil rasakan pada perut maupun pinggul.

4. Ubah Posisi Tidur

Jika ibu mengalami kontraksi atau kram perut sehabis bangun tidur atau sehabis berbaring, maka cobalah untuk mengubah posisi tidur kalian. Selain itu, carilah cara atau posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil agar menghindari kesalahan-kesalahan saat tidur di waktu hamil.

5. Hindari Makanan Pedas

Bagi kalian yang suka makan pedas sebaiknya kurangi atau hindari makanan pedas tersebut. Terlebih lagi bagi ibu hamil yang sering mengalami kram perut, bisa jadi kram tersebut terjadi akibat makanan yang terlalu pedas dan membuat perut terkena dampaknya. Oleh karena itu, sebaiknya tidak memakan makanan yang terlalu pedas saat masih dalam kondisi mengandung.

Itulah lima cara mengurangi nyeri perut dan mengurangi kram perut terjadi pada ibu hamil. Jika dalam tiga hari hal tersebut tidak memberikan efek apapun dan kalian mengalami kram yang lebih sering, maka sebaiknya langsung bertemu dengan dokter dan jelaskan keluhan kalian. Ingatlah untuk selalu mejaga janin kalian tetap sehat dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat yah….

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *