5 Cara Mengatasi ASI yang Tidak Lancar supaya Anak bisa mendapatkan Kebutuhan Gizi yang Cukup

Air Susu Ibu atau yang biasa disingkat ASI adalah sumber gizi alami yang sangat penting untuk bayi yang baru lahir atau anak yang belum bisa mengonsumsi makanan padat. Selain itu, ASI juga sangat mudah untuk didapatkan dan digunakan tanpa harus menyesuaikan dengan kondisi dan suhu anak kita, dibandingkan dengan susu formula yang belum tentu cocok dengan tubuh bayi. Oleh sebab itu, kelancaran ASI juga sangat berpengaruh bagi bayi untuk memperoleh gizi yang cukup di setiap harinya.

Bagi kalian yang memiliki ASI yang kurang lancar, pasti sangat sulit untuk memberikan gizi yang cukup untuk bayi kalian dan pada akhirnya lari ke susu formula yang menguras banyak biaya. Bagi kalian yang mengalami hal tersebut, sebaiknya cobalah menerapkan salah satu cara di bawah ini agar ASI bisa lancar kembali dan anak memperoleh gizi yang cukup setiap harinya. Namun, sebelum masuk ke cara mengatasi ASI yang kurang lancar, sebaiknya kenali dahulu penyebab-penyebab ASI menjadi kurang lancar. Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan ASI tidak lancar yang perlu dihindari bagi ibu menyusui yah..

1. Merokok dan meminum alkohol,

2. Sedang stress dan banyak pikiran,

3. Mengonsumsi obat-obatan seperti pil KB atau suntik KB,

4. Diet yang terlalu ketat, jika ingin diet saat menyusui bisa baca ‘cara diet ibu menyusui‘, dan

5. Jarang atau kurang minum air putih.

Itulah lima penyebab ASI kurang lancar yang perlu kalian hindari agar kelancaran ASI tidak terganggu. Namun, untuk kalian yang memiliki ASI kurang lancar tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar ASI kembali normal sehingga bisa memberikan anak kalian gizi yang cukup di setiap harinya. Berikut adalah cara-cara mengatasi ASI yang kurang lancar dan mudah untuk kalian ikuti.

1. Menyusui sesering mungkin dan Memompa ASI

Bagi kalian yang ingin memperlancar keluarnya ASI cobalah untuk menyusui bayi kalian setiap 2 jam sekali. Dengan seringnya menyusui sang bayi, maka produktivitas ASI juga akan semakin meningkat atau lancar.

Bahkan pada saat bayi kalian sedang tertidur, kalian bisa memompa ASI agar air susu ibu semakin deras untuk keluar. Dengan begitu, anak bisa mendapatkan ASI setiap harinya dengan cukup. Oleh sebab itu, untuk kalian yang ASInya kurang lancar cobalah untuk terus menyusui bayi kalian dan memompa ASI hingga kelancarannya kembali normal.

2. Mengompres Payudara

ASI yang kurang lancar juga bisa disebabkan oleh payudara yang mengeras sehingga bayi sulit untuk mengisapnya. Oleh karena itu, untuk melancarkan ASI kembali maka kalian harus melunakkan payudara yang mengeras tersebut.

Cara melunakkan payudara yang bisa kalian lakukan yaitu dengan mengompresnya menggunakan handuk hangat dalam beberapa menit. Ingatlah untuk menggunakan handuk yang bersih.

3. Mengonsumsi Pare

Ada banyak makanan atau minuman yang bisa memperlancar ASI seperti wortel, gandum, bawang putih, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan susu. Namun, untuk mendapatkan hasil dari mengonsumsi makanan tersebut juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi bagi Ibu muda yang jarang mengonsumsi sayuran sebelumnya. Tapi, tidak perlu khawatir! Karena masih ada makanan yang bisa dimanfaatkan untuk memperlancar aliran ASI dalam waktu lumayan cepat yaitu dengan mengonsumsi Pare.

Yah.. Pare bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ASI yang kurang lancar dengan mengonsumsinya setiap hari. Kalian bisa mengonsumsi pare dalam bentuk jus maupun makanan. Selain itu, jangan lupa untuk perbanyak meminum air putih di setiap harinya.

4. Mengurangi Stress dan Istirahat yang Cukup

Stress atau banyak pikiran juga bisa mempengaruhi kelancaran ASI atau susu yang dihasilkan semakin berkurang dengan meningkatnya beban pikiran dan rasa lelah yang dirasakan oleh seorang Ibu.

Oleh sebab itu, bagi kalian yang memiliki ASI yang kurang akibat stress sebaiknya cobalah untuk menenangkan diri dan istirahat yang cukup agar ASI kembali normal demi buah hati tercinta.

5. Mengonsumsi Vitamin D

Normalnya manusia membutuhkan vitamin D minimal 400 IU setiap harinya. Namun, untuk ibu yang menyusui membutuhkan tujuh kali lipat dari normalnya yakni 1800 IU. Vitamin D tersebut dapat membantu memperlancar aliran ASI yang kurang lancar.

Oleh sebab itu, bagi ibu menyusui yang ASInya kurang lancar bisa memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti hati sapi, jamur, kuning telur, ikan tuna, minyak ikan, ikan salmon, dan masih banyak lagi.

Itulah lima cara mengatasi ASI yang tidak lancar dengan cara aman dan alami. Dengan menerapkan cara tersebut maka kebutuhan sang buah hati akan terpenuhi. Jika hal tersebut tidak memberikan bantuan sama sekali maka kalian perlu mengontrol kan diri ke dokter dengan segera. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Ibu dan Bayinya.

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *