4 Cara Menghilangkan Kulit Mati pada Kaki agar Kaki Menjadi Halus

Kulit mati adalah kulit kering atau kulit terkelupas akibat adanya pembentukan sel kulit baru. Hal ini menyebabkan kulit terlihat kasar dan sangat mengganggu karena dianggap sedikit jorok. Selain itu, kita tahu bahwa hampir semua kulit di anggota tubuh kita mengalami regenerasi kulit sehingga munculnya kulit mati merupakan hal yang alami terjadi. Kejadian ini sering terjadi pada kulit wajah dan juga pada kaki. Tetapi, kali ini kita akan membahas tentang kulit mati yang terjadi pada kaki.

Kulit mati yang ada pada kaki mungkin sangat meresahkan dan tidak disukai oleh banyak orang. Terutama saat kulit mati tersebut semakin mengeras dan tidak mudah untuk dihilangkan. Oleh sebab itu, kali ini saya akan memberitahukan beberapa cara menghilangkan kulit mati pada kaki. Sebelum kita membahasa cara-cara tersebut, sebaiknya ketahuilah dahulu penyebab munculnya kulit mati pada kaki yang mungkin perlu kalian hindari agar kaki terjaga kebersihannya. Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya kulit mati pada kaki.

1. Memakai sepatu yang sempit sehingga membuat kaki terasa sakit,

2. Menggunakan kaus kaki basah dalam waktu yang lama,

3. Akibat dehidrasi atau kurangnya mengonsumsi air putih,

4. Merendam kaki dengan waktu yang lama, dan

5. Terkena detergen atau rinso dan tidak membersihkannya dengan baik,

Itulah lima penyebab terjadinya kulit mati pada kaki yang perlu kalian hindari untuk mendapatkan kulit kaki yang selalu halus. Bagi kalian yang mempunyai kulit mati dan susah untuk hilang, maka ikutilah beberapa cara berikut ini untuk menghilangkan kulit mati pada kaki agar kaki menjadi halus kembali.

1. Merendam Kaki menggunakan Cuka Apel

Cara pertama yang bisa kalian coba yaitu merendam kaki menggunakan cuka apel. Seperti kita ketahui bahwa cuka apel memiliki banyak manfaat dan ternyata cuka apel juga dapat digunakan untuk menghilangkan kulit mati pada kaki dan membuat kaki menjadi halus kembali.

Caranya cukup dengan mencampurkan cairan cuka apel dengan air dingin. Kemudian rendam kaki kalian pada campuran tersebut selama 15 menit. Setelah itu, keringkan kaki menggunakan handuk dan berikan pelembab pada kaki. Lakukanlah hal ini sekali dalam sehari sampai kulit kaki kembali halus.

2. Gosok Kaki menggunakan Batu Apung

Batu apung merupakan batu lava yang dapat menghilangkan kulit kering yang ada pada kaki dan membuat kaki menjadi halus kembali. Jadi, kalian bisa menggunakan batu apung dengan mencelupkan batu tersebut pada air hangat terlebih dahulu dan kalian juga bisa merendam kaki pada air hangat selama 10 menit.

Setelah itu, gunakan batu apung untuk menggosok bagian kaki yang memiliki kulit kering atau kulit mati. Gosoklah secara perlahan hingga kulit mati tersebut terangkat dan ingat untuk tidak menggosok bagian kulit yang luka atau sakit. Setelah menggosok, cuci kaki dengan air hingga bersih dan oleskan minyak atau body lotion pada kaki setelahnya.

3. Mengoleskan Gel Lidah Buaya pada Kaki

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan yaitu dengan menggunakan gel lidah buaya. Ternyata gel tanaman tersebut mampu menghilangkan sel kulit mati atau kulit yang mengering dan juga menghaluskan kulit kaki.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengambil gel lidah buaya dan oleskan pada kaki yang kulitnya mengering. Kemudian pijatlah kaki secara merata dengan lembut menggunakan gel tersebut. Setelah beberapa saat, biarkan gel lidah buaya mengering dan setelah mengering bilas kaki menggunakan air mengalir.

4. Menggosokkan Garam pada Kulit Kaki

Tahukah kalian bahwa garam juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kulit mati yang ada pada kaki. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu cukup dengan menggosokkan garam halus di area kulit yang kering atau kulit mati dan untuk lebih mudahnya basahkan terlebih dahulu kaki sebelum ditaburi garam.

Setelah selesai menggosokkan garam tersebut, selanjutnya bersihkan kembali kaki menggunakan air bersih dan oleskan minyak kelapa pada kaki atau gunakan cream agar kaki menjadi lembab. Selain bermanfaat mengangkat sel kulit mati pada kaki, garam juga mampu menghaluskan permukaan kulit.

Itulah empat cara menghilangkan kulit mati yang ada pada kaki agar kaki menjadi halus kembali. Walaupun kaki tertutup dan jarang dilihat orang, namun kebersihan dan kecantikan pada kaki harus perlu dijaga. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu teman-teman semua.

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *