4 Cara menenangkan Bayi Yang Menangis Di Malam Hari

Mempunyai seorang bayi merupakan kebahagiaan tersendiri dalam suatu keluarga. Sang buah hati yang lahir ke dunia merupakan hadiah terindah untuk seorang ibu. Sebagai seorang ibu, mereka akan menyayangi dan menjaga anaknya dengan setulus hati.

Bahkan mereka akan tetap tersenyum saat bayi pipis atau buang air besar di baju atau celana mereka. Namun, bagaimanapun seorang ibu juga adalah manusia biasa yang juga butuh istirahat karena kelelahan menjalani hari yang panjang untuk mengurus bayinya.

Tetapi apalah daya, di malam hari pun mereka harus begadang sambil menunggu bayi tidur atau mungkin terbangun di tengah tidur akibat tangisan bayi. Seorang bayi menangis di malam hari biasanya disebabkan oleh cuaca panas atau dingin, gangguan kecil, atau mungkin kehausan.

Lalu bagaimana jika bayi menangis terus-menerus tanpa berhenti, hal ini bukan hanya menganggu istirahat kedua orangtuanya tetapi juga membuat rasa khawatir untuk keduanya. Apa yang perlu dilakukan untuk menenangkan bayi yang menangis di malam hari ? Mungkin hal ini kurang diketahui apalagi untuk keluarga baru. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa cara menenangkan bayi yang menangis di malam hari. Berikut adalah caranya.

1. Susui Bayi Atau Berikan Dot

Saat bayi menangis di malam hari biasanya disebabkan oleh rasa haus. Oleh sebab itu kalian bisa menyusui atau memberikan dot kepada bayi untuk mengatasi hausnya tersebut. Namun, kalian perlu ingat jangan lama-lama untuk memberikan susu atau dot. Hal ini berguna untuk menghindarkan bayi dari sifat ketergantungan.

2. Tenangkan lah Bayi Dengan Suara

Bayi yang baru lahir biasanya belum terbiasa dengan suara yang ada di luar dan mereka masih dalam tahap menyesuaikan diri. Saat bayi menangis di malam hari biasanya mereka merasa kaget atau tidak terbiasa dengan suara hening atau kaget dengan suara lain yang belum pernah mereka dengar.

Oleh sebab itu, kalian bisa menenangkan bayi dengan suara seperti aliran darah atau degup jantung ke telinga bayi dengan lembut. Atau dengan suara yang sering kita dengar saat seorang ibu ingin menidurkan bayinya yaitu ‘shshsshshshs’.

3. Menggunakan Teknik The Hold

Cara berikutnya yang bisa kalian lakukan yaitu dengan menggunakan teknik The Hold, teknik ini merupakan cara mengendong bayi dan membuat bayi tenang dalam sekejap. Cara ini ditemukan oleh dokter Hamilton yang merupakan seorang dokter anak yang berpengalaman selama 30 tahun.

Caranya yaitu dengan melipat kedua lengan bayi ke dada bayi, lalu letakkan tangan kalian dengan lembut di depan dada bayi dan lengan bayi, kemudian pegang pantat bayi dan goyangkan secara perlahan dengan sudut 45 derajat.

Walaupun caranya terdengar sederhana namun kalian perlu benar-benar memahami teknik tersebut karena sedikit kesalahan saja bisa bermasalah. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa menonton videonya langsung dari Dr. Hamilton.

4. Mengelus Tubuh Bayi Dengan Lembut

Cara berikutnya yang bisa kalian lakukan saat bayi menangis di malam hari yaitu dengan mengelus tubuh bayi secara lembut. Hal ini berguna dikarenakan bayi sangat senang dengan sentuhan yang lembut.

Terus elus bagian tubuh hingga bayi merasa lebih tenang dan tertidur kembali. Berikan sentuhan hangat dan lembut itu membantu bayi merasa lebih tenang dan nyaman.

Itulah tadi 4 cara mengatasi bayi yang menangis di malam hari. Jika keempat cara tadi tidak bekerja segeralah hubungin dokter untuk mengetahui penyebab bayi kalian menangis. Sayangilah bayi kalian dengan lembut dan jangan menuangkan rasa kesal kepada mereka….

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *