4 Cara Membersihkan dan Merawat Kaca Helm agar Tetap Bening

Helm atau Helmet merupakan alat pelindung kepala yang biasanya terbuat dari bahan keras seperti metal dan bahan keras lainnya. Selain itu, helm juga adalah perlengkapan yang wajib dimiliki oleh para pengendara motor untuk melindungi diri saat terjadinya kecelekaan. Meskipun semua pengendara motor memiliki helmet, namun tidak semua orang yang memilikinya tahu cara untuk membersihkan dan merawat helm tersebut. Oleh karena itu, kali ini saya akan memberitahukan cara membersihkan dan merawat kaca helm agar tetap bening.

Namun, sebelum masuk ke cara merawatnya, sebaiknya ketahuilah dulu beberapa penyebab yang membuat kaca helm cepat kotor dan buram. Berikut adalah penyebabnya.

1. Perawatan helm yang kurang maksimal,

2. Terpapar kotoran atau debu di jalanan,

3. Tempat penyimpanan helm yang kotor dan berdebu,

4. Disimpan sangat lama dan tidak dibersihkan membuat kotoran mengeras pada kaca, dan

5. Membersihkan kaca dengan kain kasar yang membuat helmet semakin buram akibat goresan.

Itulah penyebab kaca helm menjadi buram dan harus lebih diperhatikan lagi kebersihannya oleh para pengendara. Oleh sebab itu, untuk kalian yang belum tahu cara membersihkannya dengan benar, maka ikutilah salah satu cara berikut ini.

1. Bersihkan dengan Pembersih Kaca

Cara pertama yang bisa kalian lakukan yaitu dengan menggunakan pembersih kaca. Jadi, pertama-tama pisahkan kaca helm terlebih dahulu, lalu bersihkan kaca helm menggunakan air mengalir untuk menghilangkan debu atau untuk menghindari kaca tergores akibat debu tersebut.

Setelah kaca helm sudah bersih dari debu, maka keringkanlah menggunakan kain halus dan selanjutnya semprotkan pembersih kaca dan bersihkan helmet kalian layaknya membersihkan kaca jendela.

2. Menggunakan Cairan Compound

Jika helm tergores atau memiliki baret sehingga kaca helm terlihat buram serta tidak layak digunakan lagi, maka kalian bisa menghilangkan baret tersebut menggunakan cairan compound yang bisa kalian beli di toko terdekat.

Jadi, sebelum menggunakan cairan compound sebaiknya bersihkan kaca helm terlebih dahulu menggunakan air mengalir untuk menghilangkan debu. Setelah itu, kalian bisa langsung oleskan cairan tersebut ke bagian baret di kaca dan ratakan cairannya menggunakan kain halus. Setelah rata, maka kalian tinggal gosok kaca tersebut selama beberapa saat hingga baret benar-benar hilang.

3. Membersihkan Kaca Helm Menggunakan Odol non Gel

Jika helm kalian terkena goresan kuku atau lap kasar maka kalian bisa membersihkannya menggunakan odol non gel seperti Pepsodent White. Saat hendak membersihkan kaca helm sebaiknya lepas dulu kaca dari helmet dan cuci menggunakan air mengalir untuk membersihkan debu, kemudian keringkan menggunakan lap halus.

Setelah itu, kalian bisa langsung mengoleskan pasta gigi ke goresan tadi menggunakan tangan atau lap halus dan gerakkan lap mengikuti arah goresan tersebut, serta tekan-tekan secara perlahan hingga goresan hilang. Jika selesai maka diamkan hingga odol mengering dan bersihkan pasta gigi yang mengering tersebut menggunakan air bersih yang mengalir dengan hati-hati dan lap hingga kering.

4. Menggunakan Shampoo Bayi

Ternyata banyak orang menggunakan shampo bayi untuk membersihkan kaca mobil karena dijamin ampuh membeningkan kembali kaca mobil tersebut. Selain itu, shampo bayi juga dapat kalian manfaatkan sebagai bahan pembersih kaca helm dengan cara mencuci kaca seperti biasa namun menggunakan shampo bayi.

Bahkan kalian juga bisa menggunakan shampo bayi ini untuk membersihkan batok helmet agar menjadi lebih bersih dan bening dari biasanya.

Itulah dia empat cara membersihkan dan merawat kaca helm agar tetap bening. Meskipun kalian bukan pecinta kebersihan, namun ingatlah keselamatan kalian terletak di helmet karena helm yang kotor bisa mengundang kecelakaan. Oleh sebab itu, perhatikan keamanan kalian berkendara dengan menjaga helm tetap bersih. Sekian dan semoga bermanfaat….

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *