4 Cara Diet Sehat untuk Ibu Menyusui agar Berat Badan Menurun

Diet merupakan suatu metode dalam mengatur asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya diet dilakukan oleh orang-orang yang memiliki berat berlebih dan ingin menurunkan berat badan.

Namun, banyak juga ibu yang masih menyusui ingin melakukan diet. Apakah hal tersebut boleh? Boleh! Akan tetapi, cara diet yang dilakukan tentunya berbeda dengan cara diet pada umumnya karena ibu yang masih menyusui perlu memerhatikan asupan makanannya agar ASI-nya tidak berkurang dan baik untuk dikonsumsi oleh bayinya.

Oleh karena itu, kali ini saya akan menuliskan beberapa cara atau tips diet khusus untuk ibu menyusui. Berikut adalah beberapa cara diet yang bisa dilakukan oleh ibu menyusui.

1. Jangan melewatkan Makan dan Makanlah dalam Porsi Kecil namun sering

Cara diet yang pertama untuk ibu menyusui yaitu dengan mengatur jadwal makan dan juga porsi makan. Sebenarnya ibu menyusui dianjurkan untuk perbanyak makan agar asi yang dihasilkan lebih banyak untuk bayinya, namun tidak perlu khawatir karena kalian bisa melakukan diet atau menurunkan berat badan tanpa mengurangi jumlah makan kalian.

Caranya kalian bisa mengurangi porsi makan dan memperbanyak waktu makan, misalnya setiap hari kalian makan sebanyak satu piring sebanyak tiga kali dalam sehari. Maka kalian bisa mengubahnya dengan makan setengah piring sebanyak enam atau tujuh kali dalam sehari. Nah, hal ini bisa diterapkan oleh ibu hamil yah! Namun, kalau bisa mintalah anjuran dokter sebelum melakukannya karena bisa saja kalian memiliki penyakit tertentu yang tidak disarankan untuk melakukan diet saat menyusui.

2. Menyusui sebanyak mungkin

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk menurunkan berat badan saat sedang menyusui yaitu dengan mengeluarkan ASI sebanyak mungkin atau susuilah bayi kalian sebanyak-banyaknya. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan pompa ASI untuk membantu produksi susu dan simpanlah hasil susu pompaan tersebut dengan baik dan benar.

Hal ini bisa membantu proses diet bagi ibu menyusui karena ASI juga dapat mempengaruhi berat badan seseorang. Dengan melakukan hal ini maka kalian telah melakukan diet yang tepat untuk ibu menyusui dan jangan lupa untuk meminta saran dokter terlebih dahulu yah!.

3. Mengonsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Cara ketiga yang bisa dilakukan para ibu menyusui yang ingin menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi sayur-sayuran dan juga buah-buahan segar. Menu diet ini sangat tepat dilakukan ketika kalian sedang masa menyusui cukup dengan memakan minimal lima porsi sayur dan buah-buahan setiap harinya.

Selain membantu proses diet, cara ini juga bisa menguatkan daya tahan tubuh dan juga menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap terjaga.

4. Melakukan Olahraga dengan teratur

Melakukan olahraga secara teratur dapat membuat tubuh menjadi sehat dan kuat. Selain itu, olahraga juga membantu proses diet dan juga mengencangkan kulit. Hal ini bisa dilakukan oleh siapapun yang ingin hidup sehat dan memiliki tubuh ideal bahkan ibu yang sedang menyusui sekalipun. Yah, ibu menyusui yang baru saja habis melahirkan dan ingin melakukan diet maka bisa mencoba cara ini.

Kalian bisa melakukan olahraga secara teratur disaat anak sedang tidur atau bermain dengan ayahnya. Jadi, selama proses menyusui kalian juga bisa melakukan diet tanpa mengalihkan kebutuhan ASI buat bayi kalian. Lakukanlah olahraga secara teratur agar kesehatan tubuh terjaga dan keinginan diet tercapai.

Itulah empat cara diet yang sehat bagi ibu menyusui. Walaupun tubuh ideal adalah keinginan para wanita, namun kesehatan jauh lebih penting dan bayi juga lebih penting dari segalanya. Semoga bermanfaat yah….

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *