4 Cara Ampuh Mengatasi Kram Otot Saat Berenang

Berenang adalah olahraga air yang banyak digemari oleh kalangan pria maupun wanita. Berenang dilakukan sebagai aktivitas olahraga, hoby, aktivitas rutin bahkan ada juga yang berenang hanya untuk menambah tinggi badan.

Tidak semua orang bisa berenang, bagi kalian yang tidak bisa berenang belajarlah untuk itu karena berenang sangat menyenangkan. Menyenangkan? Lalu bagaimana dengan perenang yang mengalami kram otot saat melakukan olahraga air ini?

Yah, hampir semua perenang mengalami kram otot saat berenang. Akan tetapi, sampai saat ini belum ada alasan dasar mengapa kram otot bisa terjadi saat berenang. Alasan utama kram otot terjadi akibat kurangnya waktu istirahat saat melakukan renang. Bahkan banyak faktor lain yang menyebabkan kram otot.

Bagi kalian pencinta renang, namun sering mengalami kram otot, yuk coba mengatasinya dengan cara ampuh berikut ini. Kalian bisa mengaplikasikan cara ini saat kalian mengalami kram saat berenang.

1. Menambah Cairan Dalam Tubuh

Saat berenang, perenang akan mengeluarkan banyak cairan di dalam tubuh sehingga mudah mengalami kram. Untuk mengatasi hal ini, perenang dianjurkan untuk meminum minuman berelektrolit untuk menambah cairan di dalam tubuh. Cara ini cukup ampuh mengatasi kram dikarena tubuh membutuhkan banyak cairan untuk memulihkan kembali otot yang nyeri.

2. Mengompres Otot Yang Kram Dengan Air Panas

Saat perenang mengalami kram otot saat sedang berenang sebaiknya hentikan aktivitas tersebut dan keluar dari kolam renang. Setelah itu, kalian bisa mengompres otot yang kram dengan air panas. Hal ini dilakukan untuk merilekskan otot yang kram tersebut dan cara ini ampuh mengatasi kram otot.

3. Melakukan Peregangan

Saat kalian mengalami kram otot, sebaiknya keluar dari kolam dan lakukan peregangan. Dengan peregangan otot-otot akan menjadi lebih fleksibel dan ampuh menghilangkan kram atau nyeri pada otot. Kalian juga bisa melakukan peregangan sebelum memulai berenang agar terhindar dari kram.

4. Memijat Lembut Bagian Otot Yang kram

Saat mengalami kram, pijatlah bagian otot yang nyeri dengan lembut. Pijatlah selama 15 menit hingga nyeri hilang. Lakukan pijatan tersebut dengan menekan saraf otot naik turun. Pijatan tersebut ampuh membuat otot menjadi normal kembali.

Itulah tadi 4 cara ampuh mengatasi kram otot saat berenang. Semoga bermanfaat yah…

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *