3 Cara Mengoptimalkan Otak Kanan Dan Kiri Anak

Otak berfungsi sebagai pengendali tubuh yang terhubung langsung dengan sistem saraf manusia. Bernafas, berbicara, berjalan dan memotong salah satu aktivitas yang dikendalikan oleh otak melalui saraf kita.

Otak terbagi menjadi tiga bagian yaitu otak besar, kecil dan otak tengah. Ketiga otak tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Tahukah kalian bahwa fungsi otak berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak?

Yah, pada otak besar terbagi otak kanan dan otak kiri, otak inilah yang sangat penting untuk dioptimalkan di masa pertumbuhan anak agar memiliki tumbuh kembang yang baik. Otak kanan identik dengan bahasa, perhitungan serta bersifat beraturan. Pada otak kiri identik terhadap Imajinasi, kreatif, namun tidak beraturan.

Jika otak anak tidak dioptimalkan sejak kecil maka saat dewasa akan sulit untuk berfikir dan mengendalikan pikirannya. Oleh sebab itu, kalian perlu mengoptimalkan otak kiri dan kanan kepada anak, adik, maupun murid kalian. Berikut adalah cara mengoptimalkan otak kanan dan kiri anak yang bisa kalian ikuti.

1. Membacakan Cerita Dengan Nada Yang Menarik

Langakah pertama yang bisa dilakukan adalah membacakan cerita atau kisah-kisah menarik kepada anak. Dan buatlah pertanyaan terhadap cerita yang sudah dibacakan agar melatih daya ingat anak dan ini melatih otak kanan anak terhadap bahasa.

Ceritakan kisah tersebut dengan suara atau nada yang menarik, intonasi yang disukai oleh anak agar anak mudah mencerna dan hal ini bisa melatih otak kiri anak untuk kreatif dalam merangkai kata dan mengatur suara.

2. Ajarkan Perhitungan Menggunakan Benda-Benda Menarik

Ajarkan anak untuk melakukan perhitungan 1-10 atau sesuaikan dengan umur anak. Ajarkan dengan cara berulang-ulang hingga anak mengingatnya dengan jelas. Hal ini melatih otak kanan anak.

Untuk lebih mudah ajarkan anak perhitungan dengan menggunakan benda menarik seperti pensil, kerikil, permen berwarna. Gunakan Indra pencium dan perasa anak untuk berhitung agar melatih otak kiri anak lebih kreatif.

3. Biasakan Anak Hidup Rapi

Ajarkan lah anak untuk merapikan tempat tidur di pagi dan malam hari. Biasakan mereka meletakkan benda pada tempatnya seperti buku pada rak buku, sendok pada rak sendok dan sepatu di rak sepatu.

Kebiasaan yang rapi mampu melatih otak kiri anak agar lebih berkembang. Hal ini membantu tumbuh kembang anak menuju ke masa depan yang mandiri.

Ingat untuk melatihnya secara terus menerus dan jangan putus asa. Masa depan anak adalah kebahagiaan sebuah keluarga. Semoga artikel ini bermanfaat yah….

Advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *